Laporan Kinerja

  LAPORAN AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (LAKIP) KABUPATEN MUKOMUKO                  

DAFTAR ISI

                                                                                                                    Halaman

KATA PENGANTAR  …………………………………………………………….              i

DAFTAR ISI  ………………………………………………………………………                  ii

DAFTAR TABEL ………………………………………………………………….                iii

BAB. I     PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang  ………………………………………………..              1

1.2 Dasar Hukum …………………………………………………..              1

1.3  Maksud dan Tujuan……………………………………………            2

1.4 Gambaran Umum Dinas Kearsipan dan

Perpustakaan …………………………………………………..             3

1.5  Tugas Pokok dan Fungsi ……………………………………..     6

1.6  Isu-isu Strategis  ……………………………………………..               17

1.7 Sistematika Penyusunan …………………………………….          17

BAB. II    PERENCANAAN DAN PERJANJIAN KINERJA

  • Gambaran    Umum   Rencana  Strategis  (RENSTRA)

Dinas Kearsipan dan Peprustakaan 2016-2021…………..   19

  • Visi dan Misi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan…19

2.1.2 Tujuan dan Sasaran    Jangka   Menengah Dinas

 Kearsipan dan Perpustakaan ………………………..      20

  • Perjanjian Kinerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan

Tahun 2018………………………………………………….                   23

BAB. III   AKUNTABILITAS KINERJA

A.    Capaian Kinerja Perpustakaan Daerah Tahun 2018…….  32

BAB. IV  PENUTUP  ……………………………………………………………..      33

LAMPIRAN.

DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN MUKOMUKO TAHUN 2019

DAFTAR ISI

                                                                                                                    Halaman

KATA PENGANTAR  …………………………………………………………….      i

DAFTAR ISI  …………………………………………………………………….. ii

DAFTAR TABEL ………………………………………………………………….        iii

BAB. I     PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang  ………………………………………………..              1

1.2 Dasar Hukum …………………………………………………..              1

1.3  Maksud dan Tujuan……………………………………………            2

1.4 Gambaran Umum Dinas Kearsipan dan

Perpustakaan …………………………………………………..             3

1.5  Tugas Pokok dan Fungsi ……………………………………..     6

1.6  Isu-isu Strategis  ……………………………………………..               17

1.7 Sistematika Penyusunan …………………………………….          17

BAB. II    PERENCANAAN DAN PERJANJIAN KINERJA

  • Gambaran    Umum   Rencana  Strategis  (RENSTRA)

Dinas Kearsipan dan Peprustakaan 2016-2021…………..   19

  • Visi dan Misi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan…19

2.1.2 Tujuan dan Sasaran    Jangka   Menengah Dinas

 Kearsipan dan Perpustakaan ………………………..      20

  • Perjanjian Kinerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan

Tahun 2018………………………………………………….                   23

BAB. III   AKUNTABILITAS KINERJA

A.    Capaian Kinerja Perpustakaan Daerah Tahun 2018…….  32

BAB. IV  PENUTUP  ……………………………………………………………..      33

LAMPIRAN.

DAFTAR TABEL

  Halaman
Tabel 1.1 Jumlah Pns, Cpns Dan Honorer Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko Berdasarkan Tingkat Pendidikan Tahun 2018         ………       4  
Tabel 1.2 Pegawai Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko Berdasarkan Tingkat Golongan Tahun 2018       ………     4
Tabel 1.3 Data Pegawai Negeri Sipil  Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko Yang Telah Mengikuti Diklat Kepemimpinan Tahun 2018       ………     5  
Tabel 1.4 Data Pegawai Negeri Sipil  Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko  Berdasarkan Eselonering Tahun 2016       ………     5  
Tabel 1.5 Data Sarana Dan Prasarana  Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko  Berdasarkan Jenis Jumlah Dan Kondisi Tahun 2018       ……..     6  
Tabel 2.1 Tujuan Dan Sasaran Jangka Menengah  Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kab. Mukomuko Tahun 2016-2021       ……..     20  
Tabel 2.2 Perjanjian Kinerja Tahun 2018   …….. 23  
Tabel 2.3 Indikator Kinerja Utama TAHUN 2018   …….. 25  
Tabel 2.8 Perjanjian Kinerja Sasaran Strategi VII Sekretariat Daerah  Tahun 2018   ……..   46  


BAB I

PENDAHULUAN

1.1.  LATAR BELAKANG

Dalam rangka pelaksanaan “Good Governance” diperlukan suatu akuntabilitas terhadap penyelenggaraan pemerintahan yang dilaksanakan oleh suatu instansi Pemerintah. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 53 Tahun 2016 Tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu Atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah, mengamanatkan bahwa Instansi Pemerintah wajib menyusun laporan kinerja instansi pemerintah. Selanjutnya tujuan laporan kinerja instansi pemerintah untuk:

  1. Memberikan informasi kinerja yang terukur kepada pemberi mandat atas kinerja yang telah dan seharusnya dicapai;
  2. Sebagai upaya perbaikan berkesinambungan bagi instansi Pemerintah untuk meningkatkan kinerjanya.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko sebagai salah satu instansi pemerintah berkewajiban untuk melaksanakan penyusunan laporan kinerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, yang menggambarkan tingkat pencapaian sasaran sebagai penjabaran dari visi, misi dan strategi yang tertuang dalam Rencana Strategis (Renstra) Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko Tahun 2016-2021. Oleh karena itu, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan bertanggung jawab untuk menyusun laporan kinerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko. Laporan tersebut  merupakan bentuk pertanggungjawaban Dinas Kearsipan dan Perpustakaan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi serta kewenangan dan kebijakan dalam pengelolaan sumber daya yang diamanahkan berdasakan dokumen Rencana Strategis Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko yang telah ditetapkan.

1.2.  DASAR HUKUM

Adapun dasar hukum yang melandasi Penyusunan Laporan Kinerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko tahun 2019 mengacu pada peraturan perundang-undangan, yakni sebagai berikut:

  1. Undang-undang Nomor 3 Tahun 2003 tentang pembentukan Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Seluma, dan Kabupaten Kaur di provinsi Bengkulu (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 23, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4355);
  • Undang-undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 47, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia  Nomor 4286);
  • Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia  Nomor 4421);
  • Undang-undangNomor  23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 244, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5587), sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2016 tentang  Perubahan Kedua atas Undang-undangNomor 23Tahun 20014 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 8, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5679);
  • Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2006 Nomor 25, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4614);
  • Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2016 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah;
  • Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah
  • Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2016 Tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Review Atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah
  • Peraturan Daerah Kabupaten Mukomuko Nomor 18 Tahun 2016
  • Peraturan Bupati Mukomuko Nomor 38 Tahun 2016 Tentang Kedudukan,Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja DInas Kerasipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko;

1.3.  MAKSUD DAN TUJUAN

Laporan Kinerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko Tahun 2018 disusun berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2016 Tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Review Atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah. Dalam Laporan Kinerja ini berisikan ikhtisar capaian Penetapan kinerja Dinas

Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko Tahun 2018 terhadap sasaran strategis yang telah ditetapkan dalam Dokumen Rencana Strategis Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Pencapaian sasaran strategis Dinas Kearsipan dan Perpustakaan tersebut disajikan berupa informasi mengenai Realisasi pencapaian terhadap Sasaran Strategis Renstra, Realisasi capaian indikator output dan outcome seluruh kegiatan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko Tahun 2018, disertai dengan penjelasan atas pencapaian kinerja dan perbandingan capaian indikator kinerja dengan tahun sebelumnya. Selain itu dalam Laporan Kinerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko ini menyajikan Realisasi terhadap anggaran kegiatan yang dilaksanakan pada Tahun 2018.

Berdasarkan penjelasan diatas, maksud dan tujuan penyusunan Laporan Kinerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko Kabupaten Mukomuko tahun 2018 adalah sebagai laporan pertanggungjawaban Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kepada Bupati Mukomuko terhadap pelaksanaan kegiatan-kegiatan sesuai dengan program dan kebijakan yang telah ditetapkan.

1.4.  GAMBARAN UMUM DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko sebagai salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah yang melaksanakan fungsinya sebagai penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang Perpustakaan penyelenggara pemerintahan kabupaten Mukomuko, pada tahun 2018 didukung dengan jumlah pegawai sebanyak 29 orang terdiri atas PNS sebanyak  18 orang, dan tenaga honorer sebanyak 11 orang.

Jumlah pegawai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko Kabupaten Mukomuko berdasarkan Tingkat Pendidikan pada tahun 2018 dapat dilihat pada tabel berikut  :

TABEL 1.1

JUMLAH PNS, CPNS DAN HONORER

DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN MUKOMUKO

BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN

TAHUN 2018

NO PENDIDIKAN STATUS KEPEGAWAIAN JUMLAH %
PNS CPNS HONORER
KONTRAK TKS
1 SD 1 2
2 SMP 0
3 SMA 2 5 7 25
4 D.3 5 5 17
5 S.1 10 5 15 54
6 S.II 1 1 2
JUMLAH 18 11 28 100
Sumber  :  Sub Bagian Tata Usaha Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko Tahun 2018

Jumlah Pegawai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko Berdasarkan Tingkat Golongan pada tahun 2018 dapat dilihat pada tabel berikut  :

TABEL 1.2

PEGAWAI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN MUKOMUKO

BERDASARKAN TINGKAT GOLONGAN

TAHUN 2018

NO GOLONGAN STATUS KEPEGAWAIAN JUMLAH %
PNS CPNS
1 Golongan I 0 0 0
2 Golongan II 4 4 22
3 Golongan III 10 10 56
4 Golongan IV 4 4 22
JUMLAH 18 18 100
Sumber  : Sub Bagian Tata Usaha Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko Tahun 2018

Jumlah pegawai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko Berdasarkan Pegawai Negeri Sipil yang telah mengikuti Diklat Kepemimpinan pada tahun 2018 dapat dilihat pada tabel berikut  :

­­­

TABEL 1.3

DATA PEGAWAI NEGERI SIPIL

DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN MUKOMUKO

YANG TELAH MENGIKUTI DIKLAT KEPEMIMPINAN

TAHUN 2018

NO TINGKAT DIKLAT PIM JUMLAH
1 PIM  I
2 PIM II
3 PIM III 2
4 PIM IV 4
JUMLAH 6
Sumber  :  Sub Bagian Tata Usaha Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko Tahun 2018

Jumlah pegawai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko Berdasarkan Eselonering pada tahun 2018 dapat dilihat pada tabel berikut 

TABEL 1.4

DATA PEGAWAI NEGERI SIPIL

DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN MUKOMUKO

BERDASARKAN ESELONERING TAHUN 2016

NO TINGKAT ESELON JUMLAH
1 Eselon I.a
2 Eselon II.a
3 Eselon II.b
4 Eselon III.a 1
5 Eselon III.b
6 Eselon IV.a 2
7 Eselon IV.b
JUMLAH 3
Sumber  :  Sub Bagian Tata Usaha Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten MukomukoKabupaten  Mukomuko Tahun 2018

Disamping dukungan sumberdaya manusia, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko memiliki sarana dan prasarana. Data Sarana dan Prasarana Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko pada tahun 2018 dapat dilihat pada tabel berikut  :

TABEL 1.5

DATA SARANA DAN PRASARANA

DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN MUKOMUKO

BERDASARKAN JENIS JUMLAH DAN KONDISI

TAHUN 2018

No Uraian Nama Barang Spesifikasi Vol Satuan
  Mobil dinas PUSLING HILUX, L300 2 Unit
  Motor Dinas Supra Fit 1 Unit
  Motor Dinas Yamaha 1 Unit
  Mesin Ketik Manual Portable Olympia 1 Set
  Rak Kayu Lokal 24 Unit
s Rak Besi Taso Metal 5 Unit
  Filling Besi/Metal Yunika 7 Unit
  Lemari Kayu Lokal 6 Unit
  Papan Pengumuman Lokal 1 Unit
  Kursi Kayu Lokal 36 Unit
  Kursi Tamu Lokal 1 Set
  Kursi Putar Subaru 5 Unit
  Meja Biro Lokal 15 Unit
  Kursi Plastik Lokal 31 Unit
  Kipas Angin Miyako 3 Unit
  Dispenser Miyako 1 Unit
  Laptop Hp/Asus 8 Unit
  Printer Cannon 6 Unit
  Camera Sony 1 Unit
  Komputer HP 4 Unit

1.5.      TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Mukomuko Nomor: 10 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah disebutkan bahwa Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko merupakan unsur pelaksana teknis bidang kearsipan dan perpustakaan daerah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati dan secara teknis administrasi mendapat pembinaan dari Sekretaris Daerah.

   Pembentukan Organisasi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko ditetapkan berdasarkan Keputusan Bupati Mukomuko Nomor 38 Tahun 2016 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi serta tata kerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko pelaksana teknis bidang Kearsipan dan perpustakaan daerah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati dan secara teknis administrasi mendapat pembinaan dari Sekretaris Daerah..

Adapun Tugas Pokok Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko adalah melaksanakan kewenangan dekonstrasi, desentralisasi dan pembantuan di Bidang Perpustakaan Daerah yang telah diserahkan oleh Pemerintah. Dalam hal melaksanakan tugas pokok tersebut, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko mempunyai Fungsi sebagai Perumusan kebijakan teknis dalam lingkup perpustakaan daerah

   Berdasarkan Keputusan Bupati Mukomuko Nomor 38  Tahun 2016, Susunan Organisasi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko terdiri dari:

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan

  1. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan
  2. Sekretaris
  3. Kepala Bidang Pengelolaan dan Pembinaan Arsip
  4. Kepala Bidang Pengelolaan, Layanan, Pelestarian,  Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca
  5. Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan
  6. Kepala Sub Umum dan Kepegawaian
  7. Kepala Seksi Pengolahan Arsip In Aktif
  8. Kepala Seksi Pengelolaan Arsip Statis
  9. Kepala Seksi Pembinaan Kearsipan
  10. Kepala Seksi bidang Layanan, Otomasi dan Kerjasama Perpustakaaan Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan
  1. Kepala Seksi bidang pelestarian bahan perpustakaan dan           Pengembangan pembudayaan kegemaran membaca
  2. Kepala Seksi bidang Pengembangan Koleksi, Pengolahan Bahan Perpustakaaan, Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan

            Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Mukomuko  Nomor 10 Tahun 2010 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mempunyai tugas “melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang Perpustakaan”.

            Adapun tugas pokok Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko yaitu Membantu Bupati dalam menyusun kebijakan Tentang Perpustakaan Daerah Kabupaten Mukomuko. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mempunyai fungsi:

  1. Perumusan kebijakan teknis di bidang perpustakaan;
  2. Penyelenggaraan Pelayanan umum bidang perpustakaan;
  3. Pembinaan pelaksanaan tugas bidang perpustakaan;
  4. Pembinaan  terhadap  unit  pelaksana  teknis  dinas  bidang perpustakaan;
  5. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya

Secara rinci tugas dan fungsi masing-masing adalah sebagai berikut:

  1. Kepala Dinas

Kepala Dinas mempunyai tugas pokok melaksanakan Memimpin, merumuskan, mengatur, membina, mengendalikan, mengkoordinasikan dan mempertanggung jawabkan kebijakan teknis pelaksanaan urusan pemerintah daerah berdasarkan azas otonomi dibidang  Kearsipan dan Perpustakaan.

Dinas menyelenggarakan fungsi:

a. Perumusan dan penetapan kebijakan teknis bidang kearsipan dan            perpustakaan;

b. Pemberian dukungan atas penyelenggaraan  pemerintahan daerah bidang kearsipan dan perpustakaan meliputi kesekretariatan,  pengelolaan pembinaan arsip dan  pengelolaan, layanan, pelestarian, pengembangan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca; dan

c. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

  • Sekretaris

Sekretariat mempunyai tugas pokok membantu kepala dinas dalam mengumpul dan mengolah data dalam menyusun rencana program, monitoring, evaluasi dan penyusunan laporan, menyelenggarakan ketatausahaan, administrasi kepegawaian, administrasi keuangan dan urusan umum serta memberikan pelayanan administrasi kepada semua unit kerja di lingkungan dinas.

Adapun Sekretariat menyelenggarakan beberapa fungsi:

a.  Penetapan    penyusunan    rencana  dan program kerja pengelolaan pelayanan kesekretariatan;

b.  Penetapan rumusan kebijakan koordinasi penyusunan program dan penyelenggaraan tugas-tugas bidang secara terpadu;

c.  Penetapan rumusan kebijakan pelayanan administrasi  dinas dan kebijakan pengelolaan administrasi umum dan kerumah tanggaan;

d. Penetapan rumusan kebijakan pengelolaan kelembagaan dan ketatalaksanaan serta hubungan  masyarakat;

e. Penetapan rumusan kebijakan pengelolaan administrasi kepegawaian dan kebijakan administrasi pengelolaan  keuangan dan pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan  pelaksanaan tugas Dinas;

f.   Penetapan  rumusan   kebijakan   pengkoordinasian   publikasi  dan penyusunan serta penyampaian bahan pertanggung jawaban pelaksanaan tugas Dinas;

  • Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan

Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan mempunyai tugas pokok melakukan   perencanaan anggaran pembiayaan, pengelolaan dan mengkoordinir     penyusunan laporan pertanggung jawaban atas pelaksanaan pengelolaan keuangan dinas.

Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan menyelenggarakan beberapa fungsi, diantaranya:

a. Penyelenggaraan urusan administrasi kepegawaian, ketatausahaan, surat menyurat dan kearsipan;

b. Penyelenggaraan urusan rumah tangga, rapat-rapat  dinas, tamu- tamu dinas dan pelaksnaan kehumasan;

c. Penyusunan rencana kebutuhan barang, termasuk iventarisasi barang, pengadaan, perawatan dan pemeliharaan barang perlengkapan dinas;

d. Pelaksanaan penertiban, pengamanan dan pemeliharaan kebersihan kantor dan lingkungan sekitarnya;

e. Penyusunan laporan tahunan tentang barang inventarisasi kantor;

f. Pelaksanaan penghimpunan data  dan penyiapan bahan kebutuhan dalam rangka penyusunan anggaran keuangan dinas;

g. Pelaksanaan pengelolaan anggaran keuangan belanja langsung maupun belanja tidak langsung;

h. Penyusunan, penatausahaan, verifikasi, dan pelaporan keuangan, serta pengujian pembayaran;

i. Pelaksanaan pengujian, penatausahaan, verifikasi, dan pelaporan perintah pembayaran;

j. Pelaksanaan penatausahaan kas dan urusan belanja anggaran kegiatan kebutuhan kantor;

k. Penyusunan kebutuhan operasional, verifikasi data dan dokumentasi keuangan, serta pelaporan keuangan;

l.  Pelaksanaan  pengujian  terhadap  data  dan  dokumen  permintaan pembayaran keuangan, serta dokumen pendukung;

m.Pelaksanaan penatausahaan data dan implementasi sistem informasi, pelaporan data dan perkembangan realisasi permintaan pembayaran    keuangan dan perkembangan  realisasi  pencairan anggaran; dan

n. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan bidang dan tugasnya.

  • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas pokok Sub. Bagian perencanaan, hubungan masyarakat dan kepegawaian mempunyai tugas  menghimpun dan mengolah data dalam rangka menyusun rencana program dinas, monitoring dan evaluasi pelaporan serta penyusunan laporan.

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian menyelenggarakan fungsi;

a.  Pengumpulan bahan dan penganalisaan data  guna penyusunan rencana kegiatan dan program kerja dinas;

b.  Pelaksanaan  monitoring  dan  evaluasi  hasil  pelaksanaan program kerja Dinas;

c. Penghimpunan, penganalisaan data guna penyajian informasi tentang kearsipan dan perpustakaan;

d. Penganalisaan, pengkoordinasian dan penyusunan laporan hasil pelaksanaan program dinas;

e. Menghimpun bahan kebijakan masukan dalam penyusunan rencana     strategik (RENSTRA) dan penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP); dan

f.   Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh sekretaris sesuai dengan bidang dan tugasnya. Kepala Seksi Pengembangan dan Pembinaan Perpustakaan

  • Kepala Bidang Pengelolaan dan Pembinaan Arsip

Kepala Bidang Pengelolaan dan pembinaan arsip mempunyai tugas pokok    menyusun, mengkoordinasikan rencana dan program kerja bidang, membimbing dan menilai prestasi kerja bawahan.

Kepala Bidang Pengelolaan  dan pembinaan arsip menyelenggarakan fungsi:

a. Menyelenggarakan perumusan kebijakan teknis dibidang kearsipan daerah, sekaligus  penyelenggaraan  pembinaan bidang kearsipan serta pelayanan penunjang pemerintah Kabupaten di bidang kearsipan;  

b. Pembinaan Bimbingan Supervasi dan Konsultasi Pelaksanaan Kearsipan;

c. Pelaksanaan Supervasi Kearsipan;

d. Perencnaan, Pemantauan dan Evaluasi Penyelenggraan Kearsipan;

e. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh sekretaris sesuai dengan bidang dan tugasnya.

  • Seksi Bidang Pengolahan arsip in aktif

Seksi Bidang Pengolahan arsip in aktif mempunyai tugas menyusun    rencana dan program kerja Seksi bidang, memberikan petunjuk kepada    bawahan, menilai prestasi kerja, memberikan bimbingan teknis dalam  melaksanakan pengolahan arsip in aktif.

Seksi     Bidang Pengolahan arsip in aktif menyelenggarakan fungsi beberapa diantaranya:

a. Mengelola  arsip dinamis  dan  menyelenggarakan  penarikan  arsip  in aktif dilingkungan lembaga perangkat daerah di Kabupaten dan bertanggungjawab langsung kepada Kepala Bidang;

b. Melaksnakan Monitoring, Penilaian dan Verifikasi Terhadap Fisik Arsip dan Daftar Arsip;

c.  Melaksnakan Persiapan Penetapan Statis Arsip;

d. Melaksnakan Persiapan Penyerahan Arsip Statis;

e. Menerima Fisik Arsip dan Daftar Arsip;

f. Melaksanakan Penataan Informasi Arsip Statis;

g. Melaksanakan Glude, Daftar dan Inventaris Arsip Statis;

h.Melaksanakan Penataan, Penyimpanan, Pemeliharaan dan Perlindungan Arsip Statis; dan

i. Melaksanakan Perawatan dan Perbaikan Arsip Statis.

  • Seksi Bidang Pengelolaan arsip statis;

Seksi Bidang Pengolahan arsip in aktif mempunyai tugas menyusun    rencana dan program kerja Seksi bidang, memberikan petunjuk kepada    bawahan, menilai prestasi kerja, memberikan bimbingan teknis dalam  melaksanakan pengolahan arsip in aktif.

Seksi Bidang Pengolahan arsip in aktif menyelenggarakan fungsi diantaranya :

a. Mengelola  arsip dinamis  dan  menyelenggarakan  penarikan  arsip  in aktif dilingkungan lembaga perangkat daerah di Kabupaten dan bertanggungjawab langsung kepada Kepala Bidang;

b. Menyiapkan Bahan Perumusan Kebijakan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis;

c. Pelaksanaan oleh Median dan Reproduksi Arsip Dinamis

d. Penyiapan Bahan Perumusan Kebijakan Teknis Pengelolaan Arsip Statis;

e. Pelaksanaan Usulan Perumusan dan Analisis Arsip

f. Pelaksanaan Pengolahan Arsip; dan

g. Pelaksanaan Prosevasi Arsip

  • Seksi Bidang Pembinaan Kearsipan

Seksi Bidang Pembinaan Kearsipan mempunyai tugas melaksanakan menyusun rencana dan program kerja seksi, memberikan petunjuk dan penilaian prestasi kerja  kepada bawahan dan  mempersiapkan   bahan dan data dalam melaksanakan pembinaan kearsipan.

Seksi Bidang Pembinaan Kearsipan menyelenggarakan fungsi diantaranya;

a. Melaksanakan pembinaan  sumber  daya  manusia (SDM) & pembinaan semua jenis Arsip;

b. Koordinasi Penyelenggaraan Kearsipan;

c. Penyiapan Bahan Penyusunan Kebutuhan dan Peningkatan; dan

d. Pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.

  • Bidang Pengelolaan, Layanan, Pelestarian, Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca

Bidang Pengelolaan, Layanan, Pelestarian, Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca mempunyai tugas Penyusunan dan pengkoordinasian rencana dan program kerja bidang,  penilaian dan pemberian petunjuk teknis dan pembinaan kepada seksi dan bawahan dalam kegiatan bidang.

Bidang Pengelolaan, Layanan, Pelestarian, Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca membaca fungsi:

a. Penyusunan dan pengkoordinasian rencana  dan program kerja bidang;

b. Penilaian dan pemberian petunjuk dan bimbingan kepada kepala seksi Bidang dan Bawahan

c. Pemberian petunjuk teknis dan pembinaan terhadap mitra-mitra kerja, dalam kegiatan bidang;

d. Pemberian petunjuk, pembinaan, bimbingan, pemberdayaan di bidang    pengelolaan, layanan, pelestarian, pengembangan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca;

e. Pelaporan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas; dan

f.  Pelaksanaan tugas  kedinasan lainnya yang diberikan  oleh atasan.

  1. Seksi Bidang Pengembangan Koleksi, Pengolahan Bahan Perpustakaan,    Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan 

Seksi Bidang Pengembangan Koleksi, Pengolahan Bahan Perpustakaan,    Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan mempunyai tugas Pokok mempunyai tugas menyusun rencana dan program kerja Seksi memberikan petunjuk teknis dan menilai prestasi kerja bawahan.

Seksi Bidang Pengembangan Koleksi, Pengolahan Bahan Perpustakaan, Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan menyelenggarakan fungsi diantaranya :

a. Penyusunan rencana dan program kerja seksi bidang;

b. Pemberian petunjuk kepada bawahan dan penilaian prestasi kerja bawahan;

c. Pelaksanaan pengembangan koleksi, pengolahan bahan perpustakaan, pembinaan dan pengembangan perpustakaan;

d. Persiapan bahan dan data dalam pembinaan dan pengembangan koleksi;

e. Pelaksanaan dan bimbingan   teknis  terhadap mitra-mitra kerja, dalam kegitan pengembangan koleksi, pengolahan bahan perpustakaan, pembinaan dan pengembangan perpustakaan;

f.  Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan; dan

g. Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang.

  1. Seksi Bidang  Layanan, Otomasi dan Kerjasama Perpustakaan  Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan

Seksi Bidang layanan, otomasi dan kerjasama perpustakaan pembinaan    dan pengembangan perpustakaan mempunyai tugas menyusun rencana dan program kerja seksi, memberi petunjuk dan menilai prestasi kerja bawahan, mempersiapkan bahan dan data dalam rangka melaksanakan kegiatan program bidang.

Seksi Bidang layanan, otomasi dan kerjasama perpustakaan pembinaan dan pengembangan perpustakaan menyelenggarakan fungsi diantaranya:

a. Penyusunan rencana dan program kerja seksi;

b. Memberi petunjuk dan penilaian prestasi kerja bawahan;

c. Mempersiapkan bahan dan data dalam rangka melaksnakan pendampingan dan pembinaan berupa layanan, otomasi dan kerjasma perpustakaan, dan pengembangan perpustakaan;

d. Persiapan bahan pembinaan dan pengendalian kegiatan layanan,    otomasi dan kerjasama perpustakaan pembinaan dan pengembangan Perpustakaan;

e. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan; dan

f. Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang.

  1. Seksi Bidang Pelestarian Bahan Perpustakaan dan Pengembangan Pembudayaan Kegemaran Membaca

Seksi Bidang Pelestarian Bahan Perpustakaan dan Pengembangan  pembudayaan Kegemaran Membaca menyusun rencana dan program kerja seksi bidang, memberikan petunjuk dan menilai prestasi kerja bawahan, melaksanakan pelestarian bahan perpustakaan dan pengembangan pembudayaan kegemaran membaca.

Seksi  Bidang Pelestarian Bahan Perpustakaan dan Pengembangan Pembudayaan Kegemaran Membaca menyelenggarakan fungsi diantaranya:

a. Penyusunan rencana dan program kerja Seksi bidang;

b. Pemberian petunjuk dan penilaian prestasi kerja bawahan;

c. Mempersiapkan dan data dalam rangka melaksanakan pelestarian  bahan perpustakaan dan pengembangan pembudayaan Kegemaran Membaca;

d. Persiapan bahan pembinaan dan pengendalian kegiatan pelestarian bahan perpustakaan dan pengembangan pembudayaan Kegemaran Membaca;

e. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan; dan

f. Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada Struktur Organisasi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko berikut ini  :

STRUKTUR ORGANISASI

DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN

TAHUN 2018

1.6.   ISU-ISU STRATEGIS

Berdasarkan indentifikasi atas perkembangan situasi dan kondisi yang ada, beberapa isu strategis dan permasalahan yang perlu mendapat perhatian khusus adalah sebagai berikut :

  1. Peningkatan pelayanan terhadap masyarakat dibidang Perpustakaan
  2. Peningkatan kualitas dan kapasitas SDM Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko melalui pelatihan dan Bimtek
  3. Penyediaan data-data Perpustakaan yang tersusun secara sistematis, akurat dan akuntabel sehingga dapat diambil kebijakan pembangunan yang komprehensif dan berkelanjutan dapat tercapai
  4. Peningkatan peran Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko dalam pengkoordinasian, pembinaan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah dalam kegiatan Perpustakaan Daerah
  5. Peningkatan kualitas SDM yang terdidik secara profesional dalam mengembangkan kreatifitas, menalarkan ide dalam membaca konsep rencana pembangunan Perpustakaan yang ingin dicapai serta memformulasikan kedalam rencana yang aplikatif
  6. Peningkatan dukungan teknologi informasi yang memadai baik dari sisi infrastruktur maupun pengolahannya dalam bentuk website sebagai media informasi Perpustakaan
  7. Peningkatan sarana dan prasarana serta anggaran Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko agar dapat maksimal dalam menjalankan tugas dan fungsinya

1.7    SISTEMATIKA PENYUSUNAN

Berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 53 Tahun 2016 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu Atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah,  penyusunan Laporan Kinerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko Tahun 2018 dengan Sistematika penulisan sebagai berikut  :

Executive Summary (Ikhtisar Eksekutif)

Bab I     Pendahuluan

Pada bab ini disajikan penjelasan umum organisasi,dengan penekanan kepada aspek strategis organisasi serta permasalahan utama (strategic issued) yang sedang dihadapi organisasi.

Bab II    Perencanaan Kinerja

 Pada bab ini diuraikan ringkasan/ikhtisar perjanjian kinerja tahun yang     bersangkutan.

Bab III   Akuntabilitas Kinerja

              A. Capaian Kinerja Organisasi

Pada sub bab ini disajikan capaian kinerja organisasi untuk setiap pernyataan kinerja sasaran strategis Organisasi sesuai dengan hasil pengukuran kinerja organisasi. Untuk setiap pernyataan kinerja sasaran strategis tersebut dilakukan analisis capaian kinerja.

  • Realisasi Anggaran

Pada sub bab ini diuraikan realisasi anggaran yang digunakan dan yang telah digunakan untuk mewujudkan kinerja organisasi sesuai dengan dokumen Perjanjian Kinerja.

Bab IV   Penutup

Pada bab ini diuraikan simpulan umum atas capaian kinerja organisasi serta langkah di masa mendatang yang akan dilakukan organisasi untuk meningkatkan kinerjanya.

Lampiran

Perjanjian Kinerja

BAB II

PERENCANAAN DAN PERJANJIAN KINERJA

2.1      GAMBARAN UMUM RENCANA STRATEGIS (RENSTRA)

            DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN TAHUN 2016-2021  

Rencana strategis Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko tahun 2016-2021 merupakan Dokumen Perencanaan Strategis yang disusun dan dirumuskan setiap 5 (lima) tahun SKPD, yang menggambarkan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, Program dan Kegiatan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko.  Renstra secara sistematis mengedepankan isu-isu lokal, yang diterjemahkan kedalam bentuk strategi kebijakan dan rencana yang terarah, efektif dan berkesinambungan sehingga dapat diimplementasikan secara bertahap sesuai dengan skala prioritas dan kemampuan anggaran pembiayaan.

2.1.1 Visi dan Misi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko

            Berdasarkan kondisi, potensi, permasalahan, peluang, dan dinamika pemerintahan, serta dengan memperhatikan nilai-nilai yang terkandung dalam Visi Kabupaten Mukomuko, maka Visi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan adalah :

“Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Mukomuko yang Sadar Informasi “

Visi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mengarah pada perwujudan tatanan Pengembangan Perpustakaan dengan kualitas dan kuantitas yang mampu melaksanakan reformasi birokrasi, dan mampu merespon, memfasilitasi dan memenuhi berbagai tuntutan kebutuhan masyarakat akan peningkatan kualitas dan kuantitas penyelenggaraan serta pelayanan kepada masyarakat.

Untuk mencapai VISI tersebut maka dituankan dalam 7 (tujuh) MISI Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, yaitu :

  1. Menciptakan dan memantapkan kebiasaan membaca anak-anak sejak dini.
  2. Mendukung baik pendidikan perorangan secara mandiri maupun pendidikan formal semua jenjang.
  3. Memberikan kesempatan bagi pengembangan kreativitas pribadi
  4. Mendorong membangun imajinasi dan kreativitas anak-anak dan orang muda
  5. Meningkatkan kesadaran terhadap warisan budaya, aspirasi pada seni dan kesenian dan hasil-hasil penemuan ilmiah.
  • Mengusahakan agar semua penduduk dapat akses kepada segala macam informasi yang tersedia untuk masyarakat
  • Mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan dan pemberantasan buta huruf ”literacy” untuk semua kelompok usia.

2.1.2 Tujuan dan Sasaran Jangka Menengah Dinas Kearsipan dan Perpustakaan

Tujuan adalah sesuatu (apa) yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu 1 (satu) sampai dengan 5 (lima) tahunan. Tujuan ditetapkan dengan mengacu kepada pernyataan VISI dan MISI serta didasarkan pada isu-isu dan analisis strategi. Tujuan tidak harus dinyatakan dalam bentuk kuantitatif,  tetapi harus dapat menunjukan suatu kondisi yang ingin dicapai di masa akan datang. Tujuan akan mengarahkan perumusan sasaran, kebijakan program dan kegiatan dalam rangka merealisasikan MISI.

Tujuan dan sasaran yang akan dicapai oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko dapat terlihat pada Tabel. 2.1 di bawah ini:

TABEL 2.1

TUJUAN DAN SASARAN JANGKA MENENGAH

DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KAB. MUKOMUKO TAHUN 2016-2021

NO TUJUAN SASARAN   INDIKATOR SASARAN TARGET KINERJA PADA TAHUN KE
1 2 3 4 5 6 7 8 9
1 Terwujudnya Sumber Daya Manusia Yang berkualitas  Peningkatan Pengunjung Perpustakaan Jumlah Pengunjung Perpustakaan (orang) 1.37 2.88 3.14 3.39 3.64

  Strategi dan Kebijakan jangka menengah yang ingin diwujudkan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko adalah sebagai berikut:

Visi : Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Mukomuko Yang Sadar Informasi
       
Misi I : Meningkatkan Kualitas Organisasi
       
Misi II : Meningkatkan pelayanan umum di bidang perpustakaan
       
Misi III : Terwujudnya Sumber Daya MAnusia yang Berkualitas
       
Misi IV : Meningkatkan kesadaran terhadap warisan budaya, aspirasi pada seni dan kesenian, serta hasil-hasilpenemuan ilmiah
       

Misi I

  Tujuan : Meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat  
       Sasaran : Meningkatkan taraf hidup masyarakat
       Strategi : Menyediakan sarana dan prasaranan kantor
       Arah Kebijakan : Tersedianya sarana dan prasaranan kantor
  Tujuan : Memperkuat kelembagaan pemerintah daerah
       Sasaran : Meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan
       Strategi : Merencanakan kegiatan sesuai kebutuhan OPD 
       Arah Kebijakan : Menfasilitasi kegiatan penyusunan kegiatan OPD
  Tujuan : Memperkuat kelembagaan pemerintah daerah
       Sasaran : Meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah 
       Strategi : Merencanakan kegiatan sesuai kebutuhan OPD 
       Arah Kebijakan : Menfasilitasi kegiatan penyusunan kegiatan OPD

Misi II

  Tujuan : Meningkatkan kegemaran membaca masyarakat Kabupaten Mukomuko    
       Sasaran : Meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat 
       Strategi : Memasyarakatkan budaya baca
       Arah Kebijakan : Peningkatan pengunjung Dinas Kearsipan dan Perpustakan Daerah
  Tujuan : Meningkatkan kegemaran membaca dan menulis  masyarakat Kabupaten Mukomuko  
       Sasaran : Meningkatkan minat dan budaya baca dan menulis masyarakat 
       Strategi : Meningkatkan minat baca dan menulis melalui promosi dan sosialisasi 
       Arah Kebijakan : Peningkatan pengunjung Dinas Kearsipan dan Perpustakan Daerah

Misi III

  Tujuan : Meningkatkan sumber daya manusia yang professional dan berdaya saing  
       Sasaran : Meningkatkan pemenuhan operasional perkantoran
       Strategi : Menyediakan sarana dan prasarana aparatur kantor
       Arah Kebijakan : Tersedianya sarana dan prasarana aparatur kantor
                 
  b. Tujuan : Meningkatkan sumber daya manusia yang professional dan berdaya saing     Sasaran : Meningkatkan peralatan kerja dan perlengkapan perkantoran yang memadai    Strategi : Menyediakan fasilitas penunjang aparatur   Arah Kebijakan : Terciptanya aparatur yang siap bersaing     
       
   

Misi IV

  Tujuan    : Meningkatkan upaya penyelamatan, pelestarian dan penyalahgunaan arsip   
       Sasaran   : Meningkatkan kesadaran akan arti penting arsip
       Strategi   : Mensosialisasikan manfaat arsip
       Arah Kebijakan   : Terciptanya Dinas Kearsipan untuk daerah Kabupaten Mukomuko
    Tujuan        : Meningkatkan sarana dan prasarana kearsipan    
       Sasaran       : Peningkatan saran dan prasarana kearsipan   
        Strategi       : Menyediakan sarana dan prasarana kearsipan 
        Arah Kebijakan       : Tersedianya sarana dan prasarana kearsipan 

2.2.     PERJANJIAN KINERJA DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN TAHUN 2018

Dokumen Perjanjian Kinerja memuat informasi tentang Sasaran Strategis  yang ingin dicapai dalam tahun yang bersangkutan, Indikator Kinerja Sasaran dan Target Kinerja. Indikator Kinerja Utama berisi tentang Output dan Outcome yang ingin dicapai dalam mewujudkan sasaran strategis yang telah ditetapkan dalam dokumen Rencana Strategis Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Perjanjian Kinerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Tahun 2018 dapat dilihat pada Tabel berikut ini

TABEL 2.2

PERJANJIAN KINERJA TAHUN 2018

No. Sasaran Strategis Indikator Kinerja Target
1 2 3 4
1 Program Pelayanan Administrasi Perkantoran 1 Penyediaan Jasa Surat Menyurat 900 Lembar
  2 Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik 12 Bulan
  3 Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan 18 Orang
 
    4 Penyediaan Alat Tulis Kantor 21 Jenis
    5 Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan 2 Jenis
    6 Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantor 11 Jenis
    7 Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor 15 Jenis
    8 Penyediaan Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-Undangan 1 Jenis
    9 Penyediaan Makanan dan Minuman 2 Jenis
    10 Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi ke Luar Daerah 33 Kali
    11 Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi ke Dalam Daerah 241 Kali
    12 Penyediaan Jasa Kantor 10 Orang
2 Program Peningkatan Sarana dan Prasaran Aparatur  1 Pengadaan Perlengkapan Gedung Kantor 3 Unit
  2 Pengadaan Peralatan Gedung Kantor 3 Item
  3 Pengadaan Mebeleur 2 Unit
  4 Pemeliharaan Rutin/Berkala Kendaraan Dinas/Operasional 5 Jenis
  5 Pemeliharaan Rutin/Berkala Peralatan Gedung Kantor 3 Unit
3       Program Peningkatan Kapasitas sumber Daya Aparatur 1   Pelatihan dan Kursus – Kursus Lainnya 4 Orang
   
4 Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan 1 Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTA se-kabupaten Mukomuko 1 Kali
  2 Pengadaan Buku 1 Kali
  3 Lomba Bercerita tingkat SD Kelas IV dan V se-kabupaten Mukomuko 1 Kali
  4 Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Kabupaten 1 Kali
  5 Pembinaan Perpustakaan Sekolah 52 Sekolah
    6 Pembinaan Perpustakaan Desa 63 Desa
    7 Perpustakaan Keliling 63 Desa
4 Program Perbaikan Sistem Administrasi Kearsipan 1 Pengembangan Data Base Informasi Kearsipan 38 OPD
  2 Pembinaan Kearsipan ke OPD dilingkungan Pemkab Mukomuko 36 Orang
       
5 Program Penyelamatan dan Pelestarian Dokumen/Arsip Daerah 1 Pengadaan Sarana Pengolahan dan Penyimpanan Arsip 1 Kali
  2 Pameran Arsip Statis 1 Kali
  3 Akuisisi arsip Statis dan Pengolahan Arsip Statis 38 Kali
6 Program Pemeliharaan Rutin/Berkala Sarana dan Prasarana Kearsipan 1 Bimbingan Teknis 1 Kali
  2 Pendokumentasian Kegiatan Pemerintah 1 Dokumen
  3 Dokumentasi Kearsipan 1 Dokumen
7 Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan 1 Penyusunan Pelaporan Keuangan Akhir Tahun 2 Dokumen
  2 Penyusunan Laporan Kinerja dan Perjanjian Kinerja 3 Dokumen
8 Program Perencanaan Pembangunan Daerah 1 Penyusunan Renstra, Renja dan Renja Perubahan 2 Dokumen  
9 Program Pembinaan dan Pengembangan Minat Budaya Tulis 1 Lomba Menulis Artikel Tk. SMA 1 Kali
 

Indikator Kinerja Utama  Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Tahun 2018 dapat dilihat pada Tabel berikut ini

TABEL 2.3

Indikator Kinerja Utama TAHUN 2018

No. Sasaran Strategis Program/Kegiatan/Indikator Kegiatan Pagu Anggaran Target
1 2 4 5 6
1   Program Pelayanan Administrasi Perkantoran Penyediaan Jasa Surat Menyurat Output : Jumlah Penyediaan Jasa Surat Menyurat                 4,410,000 900 Lembar
  Outcome : Realisasi Penyediaan Jasa Surat Menyurat    
  Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik               33,360,000 12 Bulan
  Output : Jangka Waktu Penyediaan Jasa Komunikasi, Simber Daya Air dan Listrik    
  Outcome : Realisasi Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik    
     
  Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan Output : Jumlah Penerima Jasa Administrasi Keuangan Outcome : Jumlah Jasa Pengelola Keuangan 7, Jasa TEPRA 3 Orang, SIMDA 4 Orang, Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa 1 Orang    
             93,000,000               18 Orang            
   
    Penyediaan Alat Tulis Kantor               40,300,000 21 Jenis
    Output : Jumlah Penyediaan Alat Tulis Kantor    
    Outcome : Realisasi Penyediaan Alat Tulis Kantor    
    Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan               35,000,000 2 Jenis
    Output : Jumlah Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan    
    Outcome : Realisasi Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan    
    Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantor               13,147,000 11 Jenis
    Output : Jumlah Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantor    
    Outcome : Realisasi Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantor    
    Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor               7,000,000 15 Jenis
    Output : Jumlah Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor    
    Outcome : Realisasi Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor    
       
    Penyediaan Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-Undangan 10,000,000  1 Jenis  
                   
    Output : Jumlah Penyediaan Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-Undangan    
    Outcome : Realisasi Penyediaan Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-Undangan    
    Penyediaan Makanan dan Minuman               50,000,000 2 Jenis
    Output : Jumlah Penyediaan Makanan dan Minuman    
    Outcome : Realisasi Penyediaan Makanan dan Minuman    
    Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi ke Luar Daerah             160,000,000 33 Kali
    Output : Jumlah Pelaksanaan Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi ke Luar Daerah    
    Outcome : Realisasi Pelaksanaan Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi ke Luar Daerah    
    Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi ke Dalam Daerah         50,768,000 241 Kali
    Output : Jumlah Pelaksanaan Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi ke Dalam Daerah    
    Outcome : Realisasi Pelaksanaan Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi ke Dalam Daerah    
    Penyediaan Jasa Kantor             90,000,000 10 Orang
    Output : Jumlah Penerima Jasa Kantor    
    Outcome : Realisasi Penerima Jasa Kantor    
2           Program Peningkatan Sarana dan Prasaran Aparatur   Pengadaan Perlengkapan Gedung Kantor Output : Jumlah Pengadaan Perlengkapan Gedung Kantor Outcome : Realisasi Pengadaan Perlengkapan Gedung Kantor               35,750,000           3 Unit          
  Pengadaan Peralatan Gedung Kantor 100,000,000  2 Unit 
  Output : Jumlah Pengadaan Peralatan Gedung Kantor  
  Outcome : Realisasi Pengadaan Peralatan Gedung Kantor    
                 
    Pengadaan Mebeleur               10,000,000 2 Unit
    Output : Jumlah Pengadaan Mebeleur    
    Outcome : Realisasi Pengadaan Mebeleur    
    Pemeliharaan Rutin/Berkala Kendaraan Dinas/Operasional               50,000,000 5 Unit
    Output : Jumlah Pemeliharaan Rutin/Berkala Kendaraan Dinas/Operasional    
    Outcome : Realisasi Pemeliharaan Rutin/Berkala Kendaraan Dinas/Operasional    
    Pemeliharaan Rutin/Berkala Peralatan Gedung Kantor               10,000,000 3 Unit
    Output : Jumlah Pemeliharaan Rutin/Berkala Peralatan Gedung Kantor    
    Outcome : Realisasi Pemeliharaan Rutin/Berkala Peralatan Gedung Kantor    
3        Peningkatan Kapasitas Sumber Daya AParatur  Pelatihan dan Kursus – kursus Lainnya 40,000,000                4 Orang  
    Output : Jumlah Pegawai yang mengikuti pelatihan dan kursus-kursus lainnya      
    Outcome : Realisasi Pegawai yang mengikuti pelatihan dan kursus-kursus lainnya  
4                       Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan Pembinaan Perpustakaan sekolah Output : Jumlah Perpustakaan Sekolah yang dibina Outcome : Jumlah Kunjungan Pembinaan Perpustakaan Sekolah                        40,000,000                        52 Sekolah                  
          Pembinaan Perpustakaan Desa               50,000,000 63 Desa
  Output : Jumlah Perpustakaan Desa yang dibina    
  Outcome : Realisasi Pelaksanaan Pembinaan Perpustakaan Desa    
    Perpustakaan Keliling               63,000,000 63 Desa
    Output : Jumlah Desa yang Terealisasi Pusling    
    Outcome : Jumlah Realisasi Perpustakaan Keliling    
    Lomba Bercerita tingkat SD Kelas IV dan V se-kabupaten Mukomuko               35,000,000 1 Kali
    Output : Jumlah Pelaksanaan Lomba Bercerita tingkat SD Kelas IV dan V se-kabupaten Mukomuko    
    Outcome : Jumlah Peserta Lomba Bercerita tingkat SD Kelas IV dan V se-kabupaten Mukomuko    
    Pengadaan Buku               40,000,000 1 Kali
    Output : Jumlah Pengadaan Buku    
    Outcome : Realisasi Pengadaan Buku    
    Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Kabupaten               35,000,000 1 Kali
    Output : Jumlah Pelaksanaan Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Kabupaten    
    Outcome : Jumlah Perpustakaan Desa yang Mengikuti Lomba    
    Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTA se-kabupaten Mukomuko               35,000,000 1 Kali
    Output : Jumlah Pelaksanaan Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTA se-kabupaten Mukomuko    
    Outcome : Jumlah Sekolah yang Mengikuti Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTA se-kabupaten Mukomuko    
5       Program Perbaikan Sistem Administrasi Kearsipan Pengembangan Data Base Informasi Kearsipan               105,000,000       38 OPD    
Output : Jumlah OPD yang Mendapat Pembinaan Kearsipan    
  Outcome : Jumlah PD yang Mendapat Pembinaan    
        Pembinaan Kearsipan ke OPD dilingkungan Pemkab Mukomuko               38,000,000 36 Orang
  Output : Jumlah OPD yang mendapat Pembinaan Kearsipan    
  Outcome : Jumlah PD yang mendapat Pembinaan    
6         Program Penyelamatan dan Pelestarian Dokumen/Arsip Daerah Pengadaan Sarana Pengolahan dan Penyimpanan Arsip               60,000,000 1 Kali
    Output : Jumlah Pengadaan Sarana Pengolahan dan Penyimpanan Arsip    
Outcome : Realisasi Pengadaan Sarana Pengolahan dan Penyimpanan Arsip    
        Pameran Arsip Statis               10,000,000 1 Kali
  Output : Jumlah Kegiatan Pameran Arsip Statis    
  Outcome : Kegiatan Pameran Arsip Statis    
  Akuisisi arsip Statis dan Pengolahan Arsip Statis               76,000,000 38 Kali
  Output : Jumlah arsip Statis dan Pengolahan Arsip Statis    
  Outcome : Jumlah arsip Statis dan Pengolahan Arsip Statis yang terakuisisi    
7                 Program Pemeliharaan Rutin/Berkala Sarana dan Prasarana Kearsipan Bimbingan Teknis Output : Jumlah Bimbingan Teknis Kearsipan Outcome : Jumlah Peserta Bimbingan Teknis Kearsipan           50,000,000                               1 Kali                
   
      Pendokumentasian Kegiatan Pemerintah               50,000,000 1 Dokumen
  Output : Jumlah Pendokumentasian Kegiatan Pemerintah    
  Outcome : Terpelihara Dokumen Kearsipan Daerah    
  Dokumentasi Kearsipan               15,750,000 1 Dokumen
    Output : Jumlah Dokumentasi Kearsipan    
    Outcome : Terpelihara Dokumen Kearsipan Daerah    
8             Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan Penyusunan Pelaporan Keuangan Akhir Tahun Output : Jumlah Dokumen Pelaporan Keuangan Akhir Tahun Outcome : Realisasi  Dokumen Pelaporan Keuangan Akhir Tahun                 7,500,000               2 Dokumen          
        Penyusunan Laporan Kinerja dan Perjanjian Kinerja               5,000,000 3 Dokumen
  Output : Jumlah Dokumen Kinerja dan Perjanjian Kinerja    
  Outcome : Realisasi Dokumen Kinerja dan Perjanjian Kinerja    
9 Program Perencanaan Pembangunan Daerah Penyusunan Renstra, Renja dan Renja Perubahan               12,500,000 2 Dokumen
    Output : Jumlah Dokumen Penyusunan Renstra, Renja dan Renja Perubahan    
    Outcome : Realisasi Renja dan Renja Perubahan    

BAB III

AKUNTABILITAS KINERJA

3.1       CAPAIAN KINERJA PERPUSTAKAAN DAERAH TAHUN 2018

Pengukuran merupakan hasil dari suatu penilaian (assessment) yang sistematik dan didasarkan pada kelompok indikator kinerja kegiatan yang berupa indikator-indikator masukan (input), keluaran (output), hasil, manfaat dan dampak (outcome). Penilaian tersebut tidak terlepas dari proses yang merupakan kegiatan pengolahan masukan menjadi keluaran atau proses penyusunan kebijakan/program/kegiatan yang dianggap penting dan berpengaruh terhadap pencapaian sasaran dan tujuan.

   Pengukuran kinerja kegiatan di Perpustakaan Daerah Kabupaten Mukomuko menggunakan indikator kuantitatif, hal ini dilakukan supaya lebih terukur dan mudah dievaluasi. Penetapan indikator yang digunakan dalam setiap kegiatan disesuaikan dengan sifat kegiatan masing-masing, sehingga kegiatan-kegiatan tersebut dapat diukur pencapaiannya dengan membandingkan antar target dan Realisasi. 

   Kelompok indikator input adalah segala sesuatu yang dibutuhkan agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan untuk menghasilkan keluaran. Indikator input yang digunakan terdiri atas besarnya dana yang digunakan untuk membiayai suatu kegiatan dihitung dengan satuan rupiah dan jumlah sumber daya manusia (SDM) yang terlibat.

   Kelompok indikator output merupakan hasil yang langsung diperoleh ketika kegiatan selesai dilaksanakan yang jenisnya bervariasi sesuai dengan bentuk kegiatan yang dilakukan baik kegiatan fisik maupun non fisik.

   Kelompok indikator outcome merupakan indikator yang terbentuk karena adanya output, bisa berupa pemanfaatan output yang dapat diukur dalam jangka pendek (immediate outcome) ataupun jangka menengah (intermediate outcome).

Untuk mempermudah penilaian capaian indikator kinerja sasaran dan program/kegiatan diberlakukan pemberian nilai persentase yaitu:

  • 85 s.d. > 100 = Baik Sekali
  • 70 s.d. < 85 = Baik
  • 55 s.d. < 70 = Cukup
  • >0 s.d < 55 = Kurang

Tingkat capaian kinerja Perpustakaan Daerah Kabupaten Mukomuko Tahun 2018 berdasarkan hasil pengukurannya dapat diilustrasikan dalam tabel (terlampir).

Berdasarkan hasil pengukuran kinerja diatas, maka hasil pengukuran kinerja Tahun 2018 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan sesuai dengan Sasaran pada Dokumen Rencana Strategis Tahun 2016-2021sebagai berikut:

  1. Pelayanan Aparatur Administrasi Perkantoran

Capaian dari pelaksanaan sasaran yakni sebesar 94 persen (baik sekali)

  • Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur.

Capaian dari pelaksanaan sasaran yakni sebesar 83 persen (Baik)

  • Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur.

Capaian dari pelaksanaan sasaran yakni sebesar 100 persen (Baik)

  • Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan.

Capaian dari pelaksanaan sasaran yakni sebesar 77 persen (Baik)

  • Perencanaan Pembangunan Daerah.

Capaian dari pelaksanaan sasaran yakni sebesar 100 persen (baik sekali)

  • Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan. Capaian dari pelaksanaan sasaran yakni sebesar 100 persen (Baik sekali)
  • Perbaikan Sistem Administrasi Kearsipan .

Capaian dari pelaksanaan sasaran yakni sebesar 39 persen   (kurang).

  • Pembinaan dan Pengembangan Minat Budaya Tulis.

                      Capaian dari pelaksanaan sasaran yakni sebesar 95 persen    (baik sekali).

  •  Penyelamatan dan Pelestarian Dokumen Arsip Daerah

 Capaian dari pelaksanaan sasaran yakni sebesar 92 persen    (baik sekali).

              10.  Pemeliharaan Rutin/Berkala Sarana dan Prasarana Kearsipan

Capaian dari pelaksanaan sasaran yakni sebesar 92 persen    (baik sekali).

3.2     REALISASI ANGGARAN KANTOR PERPUSTAKAAN DAERAH DAERAH TAHUN 2018

Realisasi Program dan Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan pada Tahun 2018 dapat dilihat pada Tabel (Terlampir).

BAB IV

PENUTUP

Penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan secara umum terlaksana dengan Cukup. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengukuran kinerja yang menunjukkan rata-rata Persentase 86.7 persen dengan kriteria  cukup. Berdasarkan hasil pengukuran kinerja, maka hasil pengukuran kinerja tahun 2018 Kearsipan dan Perpustakaan sesuai dengan Sasaran pada Dokumen Rencana Strategis Perpustakaan  Daerah Tahun 2016-2021 sebagai berikut :

  1. Pelayanan Aparatur Administrasi Perkantoran

Capaian dari pelaksanaan sasaran yakni sebesar 94 persen (baik sekali)

  • Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur.

Capaian dari pelaksanaan sasaran yakni sebesar 83 persen (Baik)

  • Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur.

Capaian dari pelaksanaan sasaran yakni sebesar 100 persen (Baik)

  • Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan.

Capaian dari pelaksanaan sasaran yakni sebesar 77 persen (Baik)

  • Perencanaan Pembangunan Daerah.

Capaian dari pelaksanaan sasaran yakni sebesar 100 persen (baik sekali)

  • Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan. Capaian dari pelaksanaan sasaran yakni sebesar 100 persen (Baik sekali)
  • Perbaikan Sistem Administrasi Kearsipan .

Capaian dari pelaksanaan sasaran yakni sebesar 39 persen   (kurang).

  • Pembinaan dan Pengembangan Minat Budaya Tulis.

                      Capaian dari pelaksanaan sasaran yakni sebesar 95 persen    (baik sekali).

  •  Penyelamatan dan Pelestarian Dokumen Arsip Daerah

 Capaian dari pelaksanaan sasaran yakni sebesar 92 persen    (baik sekali).

              10.  Pemeliharaan Rutin/Berkala Sarana dan Prasarana Kearsipan

Capaian dari pelaksanaan sasaran yakni sebesar 92 persen    (baik sekali).

Pada Tahun 2016 Jumlah Program dan Kegiatan yang dilaksanakan di Perpustakaan Daerah sebanyak 5 Program dan 24 Kegiatan. Selanjutnya jumlah keseluruhan anggaran baik Belanja Tidak Langsung maupun Belanja Langsung sebesar Rp. 1.426.206.149. Dan Realisasi Belanja sebesar 701.465.777. dengan persentase serapan sebesar 49,18 Persen.